Info

6/recent/ticker-posts

Wisata Angker Semarang, Taman Wonderia Menjadi Tempat Mistis

Taman Wonderia

Wisata Angker Semarang, Taman Wonderia Menjadi Tempat Mistis

Taman Wonderia salah satu tempat yang terkenal pada jamannya dulu sangat ramai para wisatawan yang berkunjung, tetapi sekarang tempat ini sudah ditinggalkan dan menjadi wisata angker. Taman Wisata Angker Wonderia di Semarang.

Taman Wonderia terletak di Jalan Sriwijaya No.29 Kota Semarang. Tempat wisata yang dibangun di atas lahan seluas 3 hektar. Taman ini resmi dibuka pada tahun 2007.

Taman Wonderia dengan jam operasional pada pukul 9 pagi sampai pukul 10 malam, para pengunjung bisa bermain 16 Wahana yang disediakan dengan harga yang cukup murah. Beberapa wahana yang di sediakan di sana antaranya Typhoon, Boom Boom Car, Super Rally, Kiddy Boat, Rumah Hantu ,Space Gyro, Jump Bowl, Plane Tower dan Roller coaster.

Tidak hanya itu ada event besar juga seperti perlombaan, jalan sehat, festival, distro clothing dan masih banyak lagi yang membuat ramainya Taman Wonderia.Tersedia juga panggung hiburan yang sering mengundang para penyanyi lokal maupun ibu kota untuk sebuah acara konser dan hiburan lainnya.
 
Penutupan Taman Wonderia Semarang dilakukan karena adanya pajak sebesar Rp 3,1 miliar dari pengelola taman. 

Mengapa Taman Wonderia memiliki cerita mistis yang terdengar menyeramkan?

Dulunya Taman Wonderia dibangun di tempat makan. Kata orang sekitar makam-makam ini milik orang-orang Pribumi, Jawa dan Tionghoa. Bisa dibilang  makam campuran di daerah Semarang. Pembangunan taman wisata tersebut berujung pemindahan kuburan, meski tidak semuanya dipindahkan. 

Banyak kuburan telah dipindahkan dari taman. Bahkan orang mengatakan bahwa ada makam suci di sana.

Tidak hanya disitu Taman Wonderia beredar Rumor-rumor luas dari masyarakat. Beberapa orang mengatakan bahwa taman ini angker dan sering terjadi hal-hal mistis di sana. Beberapa orang juga mengatakan bahwa taman ini tidak aman dan tidak layak untuk dikunjungi.

Banyak aura mistis di Taman Wonderia yang ditinggkalkan dikarenakan adanya aturan-aturan pembangunan pada Taman Wonderia yang diabaikan. Kasus mistis terjadi pada Tragedi 15 November tahun 2007 yang dimana permainan balon udara di Taman Wonderia itu jatuh dikarenakan adanya kerusakan pada bagian part mesin. Untungnya 16 penumpang wahana hanya mengalami luka-luka dan sempat dilarikan ke rumah sakit. 

Akibat sebuah insiden tersebut, polisi menetapkan tiga petugas wahana tersebut sebagai tersangka kecelakaan.

Rumor tersebut membuat pengunjung enggan bermain di Taman Wonderia. Akibatnya, kondisi keuangan Taman Wonderia ambruk dan PT SMART tidak bisa membayar Pemkot Semarang. Pada Februari 2017, Pemerintah Kota Semarang memutuskan untuk menutup Taman Wonderia secara total.
 
Sejak saat itu, Taman Wonderia terabaikan dan terbengkalai. Kabin dan wahana dalam ruangan juga menjadi saksi bisu taman indah ini. Beberapa orang yang pernah kesana mengatakan bahwa suasana disana sangat menyeramkan dan gelap. Meski begitu, ada upaya untuk menghidupkan kembali Taman Wonderia. Pada 2019 lalu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menghibahkan lahan seluas 9 hektar kepada pengusaha yang berminat mengembangkan pariwisata di sana. Namun, sejauh ini belum ada ulasan tentang penawaran ini.

Taman Wonderia adalah contoh objek wisata yang mengalami penurunan yang cepat karena rumor dalam sepanjang sejarahnya. Dari taman yang terkenal dan ramai hingga taman yang ditinggalkan dan menakutkan. Semoga ada solusi yang bisa menyelamatkan Taman Wonderia dari krisisnya sekarang.






Posting Komentar

0 Komentar

Recent, Random or Label